SMP Negeri 2 Mandau

Kompleks Pendidikan Sebanga Kec. Mandau Kab. Bengkalis Duri-Riau 28784

Terbaik, Bersih, Sehat dan Cinta Lingkungan

Video Asisstant Referee

Sabtu, 28 Juli 2018 ~ Oleh ~ Dilihat 1038 Kali

    Video Asisstant Referee (VAR) merupakan sistem yang meliputi 13 orang pembantu wasit sepanjang perhelatan di Fifa World Cup Russia 2018. Dari belasan orang tersebut, dipilih seorang petugas yang mengambil keputusan utama dan tiga orang asisten sebagai pembantunya untuk tiap- tiap pertandingan.

   Pada sebuah hub di Moscow, Russia, para petugas akan mengamati reka ulang disetiap kejadian dalam pertandingan melalui sejumlah kamera dengan berbagai sudut pandang yang dipasang pada Stadion. Rekaman slow motion pun juga dihadirkan untuk membantu para petugas pembantu Referee untuk mengambil keputusan.

  Pengamatan tersebut hanya dilakukan ketika wasit atau petugas di hub melihat keanehan. Keduanya dibekali jalur komunikasi dengan sistem radio berbasis fiber. Jalur komunikasi yang sama juga dapat digunakan Referee untuk melakukan kontak dengan dua hakim garis.

   Tujuan adanya VAR sendiri adalah untuk membantu Referee dalam mengambil keputusan terkait tempat kejadian dilapangan, yaitu goal, penalti, pemberian kartu merah, serta memastikan pemain yang diberikan benar.

 

Sekian, (Dok-Dila)

   

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT