SMP Negeri 2 Mandau

Kompleks Pendidikan Sebanga Kec. Mandau Kab. Bengkalis Duri-Riau 28784

Terbaik, Bersih, Sehat dan Cinta Lingkungan

Ice Breaking Tanpa Boring

Kamis, 17 Maret 2022 ~ Oleh ~ Dilihat 60 Kali

Kegiatan pembelajaran tatap muka yang dilakukan setiap hari harus dijalani oleh guru dan siswa . Dalam proses pembelajaran tersebut banyak ditemukan kendala-kendala untuk mencapai tujuan pembelajaran , baik dari guru maupun siswa itu sendiri. Proses pembelajaran yang dilakukan selalu menoton dan tidak bervariasi terkadang menimbulkan kejenuhan. Bagaimana cara mengatasi hal ini?

“Ice breaking” yaitu kegiatan ini dapat dilakukan untuk menghilangkan rasa jenuh , menguji konsentrasi siswa dan juga menyegarkan kembali pikiran serta tenaga disela waktu belajar.

Apa itu ice breaking ?bagaimana cra melakukan ice breaking ? dan apa manfaatnya dilakukan ice breaking?Ice breaking merupakan suatu kegiatan yang dilakukan agar bisa mencairkan suasana yang ada, istilah ice breaking berasal dari dua suku kata bahasa inggris yang berarti pemecah es. Kata ini sering digunakan didalam suatu kegiatan agar mampu menghilangkan berbagai kejenuhan yang ada. Kegiatan ice breaking ini dapat dilakukan pada kegiatan seminar, workshop bahkan dalam kegiatan proses pembelajaran di sekolah.

Dalam proses pembelajaran di sekolah ice breaking ini bermanfaat menciptakan rasa senang,bahagia dan nyaman untuk mencapai student bulying, meningkatkan rasa percaya diri, melatih berpikir kritis , meningkatkan daya konsentrasi serta dapat melatih siswa untuk dapat melakukan literasi dengan baik.

Permainan ice breaking ini dapat dilakukan diawal pembelajaran untuk menimbulkan motivasi belajar  dan rasa bahagia bahkan dapat juga dilakukan di sela –sela pembelajaran. Untuk memunculkan kejenuhan selama pembelajaran berlangsung karena manusia bisa fokus dalam melengkapi sesuatu bertahan  hanya sekitar 15 menit, dengan dilakukannya ice breaking bisa membangkitkan semangat dan konsentrasi siswa kembali.

Banyak game  ice breaking yang dapat kita lakukan dalam proses pembelajaran sebagai berikut:

  1. Lompat A B C D

Ice breaking lompat  A B C D, dapat dilakukan dengan teknis :

Ketika  guru mengucapkan kata konsentrasi maka siswa harus bertepuk tangan sambil mengucapkan kata –kata “konsentrasi dimulai.” Ketika guru menyebutkan huruf A siswa melompat ke kiri dan huruf D melompat ke kanan . lakukan berulang –ulang sampai suasana meriah. Siapa yang sudah salah arah lompatannya, keluar.

 

  1. Ice breaking salam

Game ini cukup menarik digunakan untuk memecahkan kejenuhan dalam belajar, dimana        dimulai dengan instruksi dari guru agar siswa berdiri berhadapan dengan posisi sedang bersalaman. Setiap kelompok diberi nama yang berbeda misalnya kelompok pertama dinamakan group merah sedangkan kelompok kedua dinamakan group putih. Ketika guru menyebut kata merah maka group merah menampar tangan group putih,sementara group putih harus berusaha menghindar agar tangan mereka tidak kena salam tangan dan sebaliknya.

  1. Tepuk selamat pagi, siang.....

Game yang satu ini banyak dipakai saat   acara  online mampu ofline untuk memeriahkan suasana. Teknis permainan ini sangat mudah. Misalnya ketika diucapkan selamat pagi maka siswa bertepuk tangan sekali, ketika diucapkan selamat siang maka siswa bertepuk 2 kali, selamat malam bertepuk 3 kali lakukan secara berulang-ulang .

Tingkatkan kecepatan, semakin lama semakin cepat,ketika melakukan  pelesetan maka akan banyak yang salah. Dan membuat suasana yang meriah.

Itulah beberapa contoh ice breaking yang dapat dilakukan supaya suasana kelas menjadi menyenangkan, interaktif, dapat menimbulkan perhatian siswa di kelas dengan akrab dan mengasyikkan.

Duri,17 Maret 2022

Oleh : NISDIETTI,S.Pd

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT