SMP Negeri 2 Mandau

Kompleks Pendidikan Sebanga Kec. Mandau Kab. Bengkalis Duri-Riau 28784

Terbaik, Bersih, Sehat dan Cinta Lingkungan

Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Literasi Digital

Rabu, 23 Februari 2022 ~ Oleh ~ Dilihat 75 Kali

Rabu,23 Februari 2022.oleh Refnita,S.Pd

Motivasi belajar merupakan serangkaian dorongan atau daya penggerak yang berasal dari dalam diri (instrinsik) maupun dari luar diri (ekstrinsik) untuk melakukan aktivitas belajar sehingga menimbulkan perubahan dalam belajar untuk memahami materi atau pengembangan belajar sesuai dengan yang dikehendaki.

 Dalam  proses belajar pada era digital ini menuntut para guru harus menguasai keterampilan ilmu teknologi ( IT) yang memadai dan dapat memberikan motivasi belajar kepada peserta didik sehingga tujuan Pendidikan dapat tercapai sesuai dengan target yang telah ditentukan.

Untuk dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kita harus memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan motivasi belajar,dan Langkah -langkah yang harus kita persiapkan sehingga bisa membangkitkan motivasi belajar siswa walaupun dalam keadaan pandemi seperti yang kita jalani sekarang.

Dengan adanya motivasi , siswa akan selalu bersemangat untuk terus belajar tanpa ada paksaan dari pihak manapun.Meskipun menumbuhkan motivasi belajar itu tidak sepenuhnya tanggung jawab seorang guru,akan tetapi peran seorang guru sangatlah penting dalam menumbuhkan motivasi belajar siswanya.

Disinilah peran penting seorang guru  untuk meningkatkan motivasi belajar siswa,Kita selaku seorang guru harus mencoba dengan semangat dan optimis terutama diera abad 21 sekarang ini. Kita dapat memnfaatkan teknologi sebagai salah satu media dan sumber pembelajaran sekaligus untuk melatih dan meningkatkan  keterampilan litersi digital siswa kearah yang posistif dan berdaya guna.

Di era digital seorang guru harus mempunyai pengetahuan dan kemampuan untuk memfasilitasi pencapaian kompetensi kepada siswa ( Lim/el al 2013:voge,Estrad.Dede dan Mishra,2013 ),Pengajaran digital dapat dicapai melalui berbagai metode dan model dalam proses pembelajaran.

Guru yang cakap digital harus mampu menjadi fasilitatator untuk  menyajikan materi pembelaran dengan cara  seperti membuat video-video pembelajaran dengan menggunakan aplikasi -aplikasi digital misalnya :Canva Education,Kinemester,Filmora,Plotagon Powtoon dan lain sebagainya.Dalam video pembelajaran tersebut dapat dibuat berupa tutorial atau komik sesuai dengan materi pembelajaran yang di ajarkan kemudian diupload ke You Tube. Selain membuat konten video. media digital lain  kita dapat membuat Lembaran  kerja Peserta Didik ( LKPD) dengan menggunakan aplikasi -aplikasi sepeerti  Quizziz, Nearpod,Teka -teki silang,liveworksheet dan sebagainya.

 You Tube sebagai sarana untuk menampilkan keterampilan seorang guru untuk membuat media pembelajaran,dan  bagi peserta didik juga sebagai sumber informasi untuk menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan , secara tidak lansung kita sudah melatih literasi digital mereka .Namum walaupun demikian kita sebagai seorang guru harus mengarahkan peserta didik bagaimana kecakapan literasi digital sebenarnya yaitu peserta didik dapat memilah dan memilih informasi yang mendukung keberhasilannya dalam belajar dan tidak melanggar hukum.

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT